Minggu, 11 Maret 2012

Met Ultah Gill!!!


Assalamu’alaikum Wr. Wb. ..
Dengan izin Zat Yang Maha Menghidupkan, tepat hari Senin 20 Februari 2012 kemaren saya genap 22 tahun mengarungi hiruk pikuk kehidupan dunia. Dari dulu yang namanya perayaan ulang tahun, manusia di belahan bumi manapun pasti akan antusias menyambutnya, ulang tahun Indonesia, Kartini, Dies Natalies, Maulid Nabi, Isa Al Masih (bagi Nasrani),  ultah organisasi, ultahnya teman, ortu, pacar, de el el. Ketika ada sahabat kita yang ultah, salah satu bentuk curahan sayang kita kepadanya biasanya dengan saling memberikan ucapan selamat. Kita bisa menyampaikannya lewat media apapun, bertemu langsung, sms, telpon, email, twitter, facebook, dll. Biasanya yang paling sering dipakai anak muda adalah sms dan facebook. Ucapan tersebut tidak hanya sekedar ucapan selamat belaka, tentunya juga mengandung sebuah do’a yang ditujukan kepada yang ultah. Do’a yang paling sering disebut diantaranya :

1.      Semoga bisa instrospeksi dari kehidupan lalu untuk masa depan
2.      Semoga dapat meraih cita – cita
3.      Semoga dipermudah dalam setiap urusan
4.      Semoga sisa umurnya berkah dan bisa bermanfaat untuk sekitarnya
5.      Semoga diberi kemudahan dalam mencari ilmu
6.      Semoga diberi kemudahan dalam mencari rejeki
7.      Semoga cepat dapat jodoh

Ketika membaca sms atau facebook tsb kita akan langsung berekspresi minimal 2 kalimat.. Amin ya Robb.. Semoga do’a tersebut juga terlimpahkan untuk yang mendo’akan. Kalimat pertama sebagai syukur dan pengharapan, kalimat kedua sebagai tanda terima kasih dan sayang balik kita ke yang mendo’akan.. Jangan sampai kalimat kedua terlupa lho, udah dido’ain masak gak mau doa’in balik.
Brother, sister, saat kita merayakan hari lahir, sebenarnya saat itu berkuranglah 1 tahun jatah umur yang telah ditetapkan oleh Allah SWT terhadap makhluknya yang berasal dari setetes nutfah namun suka membangkang perintah-Nya (kata Ust Zakir Naik). Sadar atau tidak, mau atau tidak mau bahkan suka atau tidak, sesungguhnya kita akan binasa atau hancur dan kembali kepada Allah SWT, dalam surat Al-Qhasash:88, “Sesunggunya setiap segala sesuatu pasti akan hancur (binasa)”. Ulang tahun adalah waktu untuk muhasabah/intropeksi diri bagi seseorang mengenai segala amal yang telah diperbuat selama ini, apakah amal perbuatan tersebut sudah sesuai dengan apa yang di perintahkan oleh Allah SWT ataukah malah sebaliknya? Rasulullah SAW yang super sayang kepada umatnya mengingatkan dalam sebuah hadit :
“Dari Syaddan bin Aus ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Orang yang cerdas itu adalah yang menghitung dirinya di dunia sebelum dihitung di hari kiamat. Dan yang bekerja untuk masa sesudah kematiannya. Dan orang yang lemah itu adalah yang mengikuti hawa nafsunya tapi berharap kepada Allah.”
Itulah yang namanya Statistika Kehidupan,, hehe.. jadi gak enak..
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ultah saya yang ke-22 ini banyak banget yang berpartisipasi dan berkontribusi dalam upaya pelestarian kebudayaan pengiriman sms dan facebook ucapan ultah. Saya senang sekaligus haru bercampur bangga, saya terharu karena Allah telah mengijinkan saya bertemu dengan teman-teman yang kata Mario Teguh SUPER SEKALI.. Saya bangga karena mereka tidak hanya sekedar teman, tapi teman yang sangat sayang dan perhatian. Lha wong saya ja lupa klo ultah, malah mereka yang inget. Maklum udah tua, hehe...... So, I love you all brother (yang sister gak) hehe...
Berbagai tipe dan kerakteristik ucapan saya dapatkan, ya lucu-lucu gimana gitu. Kadang senyum-senyum sendiri mbaca kirimannya temen-temen, diantaranya;

Ada yang simpel:
Met ultah gil...
Ada yang tulus:
Pak, semoga dengan berkurangnya usia menjadikan antum insan yang mulia, semakin disayang Allah, semakin umurnya berkah, pahalanya bertambah, segala urusan dipermudahkan Allah. Hamasah,,,,,
Ada yang hemat pulsa:
Gil..
Ada yang khusnudhon:
Kok ada bau bakso ya hari ini ? Oh ya baru ingat soalnya nanti malam ada traktiran ultah dari yang baca SMS ini”
Ada yang kayaknya orang jakarta:
Happy b'day gil..
Sory telat..emang sngaja gw telat 1 hari..cz ntar kl gw smsx kemaren pasti loe gak baca..
Tp..m2m ny jgn lupa loe..
(artinya m2m tu apa ya? Ada yang mau ngasih tahu..)
Ada yang nyleneh juga :
Selamat pagi gil..
(yang ngirim ni sohib paling kocak, iya gak Sep, hehe)


Ni tulisan buat apa sih gil.. Temen-temen bingung?? ........ Podho...
Saya juga gak tahu ni apaan, makanya judulnya iseng-iseng geje.
Tapi tenang aja, dibalik ketidakjelasan sesuatu pasti ada makna terselubung yang musti kita bongkar (Sherlock holmes.com)..
Ini hanya coretan yang mungkin sebagian kawan menganggap tidak bermutu, ini hanya ungkapan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua temen, partner, sahabat, saudara seangkatan, seperjuangan, sejurusan, seakidah, dan semua yang kita pernah bernaung bersama, yang telah maupun sedang kita lalui.. Saya kaget ketika buka FB banyak temen2 yang mengirim ucapan facebook, jumlah total 44 orang. Meningkat 3 orang dari tahun lalu yang 41 orang. Ni grafik peningkatannya :
Gambar 1. Pengucap met ultah di FB dari usia 20, 21, dan 22 tahun

Nah, special buat 44 sohib yang mengirim ucapan di tahun 2012 ini, saya turut berdo’a agar semua yang temen-temen do’akan ke saya, malaikat juga akan mendo’akan untukmu.. Aminnnnnn......
Siapa sajakah 44 temen tersebut, ini dia, dengan bangga saya tampilkan :
Istiawan Aan
Laila Khalidah
As Harry 'utek Beset'
Juang NurAni
Akhsanul Mukminin
Indiar Febrianosa
Adam Haqie
Mustain Anwar
Chaironi LatifI
WaQina Hartanto
Putri Amelia Sandy
Yonkki Yuswantara
lham Azmy
Ence Surahman
Moh Wildan Mahmud
Kukuhdanu Blogspotcom
Akbar Pratama Lubis
Rahmat R. Batubara
Erwin Allomboky
Hanif Azhar
Ikhya' Udin Ghozali
Qoirul Nur Hidayati
Intafi'ul Maslihah
Lusiana Masullah
Budi W. Mahardhika
Levi Danz
Satria Nova
Benazir Pirzada
Rozi BaYex
Ike Yethy
Septian Ainur Rofiq
Rodhi Kelvianto Ala Thifi
Syahrul Muflikhun
Rahma Tul Hidayati
Dayu Refa
Rosiadi Dwiana Putra
Siti Musabikha Ghani
Rendra Erdkhadifa
Nur Huda
Sa Hyung
Eva Wahyu Hariyati
Anissa Ceppen Boss
Reni Nurhayati
Mohamad Roisul Arif

Ada juga sahabat-sahabat yang dengan setia mengirim ucapan sms 2 tahun bahkan 3 tahun berturut turut di FB, siapa saja dia, dengan bangga saya tampilkan :
Ø  Yang 2 tahun berturut turut :
2010
CHa Run
2012
Benazir Pirzada
2011
CHa Run
2011
Erwin Allomboky
2010
Indrawan Yanuar S
2012
Erwin Allomboky
2011
Indrawan Yanuar S
2011
Hanif Azhar
2010
Rudi Lesmana
2012
Hanif Azhar
2011
Rudi Lesmana
2011
Ike Yethy
2010
Starboy Wise
2012
Ike Yethy
2011
Starboy Wise
2011
Moh Wildan Mahmud
2010
As Harry 'utek Beset'
2012
Moh Wildan Mahmud
2012
As Harry 'utek Beset'
2011
Mustain Anwar
2011
Benazir Pirzada
2012
Mustain Anwar

Ø  Yang 3 tahun berturut turut, jreng-jreng :
2010
Ikhya' Udin Ghozali
2010
Indiar Febrianosa
2010
Rendra Erdkhadifa
2011
Ikhya' Udin Ghozali
2011
Indiar Febrianosa
2011
Rendra Erdkhadifa
2012
Ikhya' Udin Ghozali
2012
Indiar Febrianosa
2012
Rendra Erdkhadifa

Matur nuwun sanget nggeh Gus Yaya’, Rendra, akh Indiar.
Btw, saya punya ribuan kawan di ITS, tua muda, laki-laki perempuan, mahasiswa dosen jual sinom, pecel, dll. Tapi tetep saja jumlah temen saya diluar ITS jauuuuuuuh lebih banyak, temen kampung, scout, SD, SDM, SMA, dll. Makanya yang ngirim ucapan met ultah buat saya di FB lebih banyak diluar ITS dari pada temen ITS. Ini datanya :


Gambar 2. Rasio arek ITS dan luar ITS

Dari chart di atas, untuk tiap cluster (ITS dan Non ITS) saya pecah lagi jadi sub cluster.. yang ITS, subcls JMMI, jurusan, bolo kurowo. Sedangkan non ITS subcls SMP, SMA, FSLDK.
Ada istilah bagus, kenangan masa lalu yang indah tidak akan mudah terlupakan meski terkikis waktu. Terutama masa SMA, kisah kasih di sekolah.. ciiiiieeeeeeee... Mau bukti.. Ini tak kasih datanya :

Gambar 3. Pengirim ucapan ultah Non ITS
Nah, ada istilah juga. Sahabat terbaik adalah ketika :
1.      Kita percaya dia, dia percaya kita FULL 100%.
2.      Saat kita kesulitan, dia membantu sebelum kita minta.
3.      Mensupport kita dalam kondisi apapun.
4.      Yang paling utama, sahabat yang senantiasa mendo’akan kita di tiap dzikir nya. Tanpa pamrih, tanpa ditunjuk-tunjukkan ke kita.. So sweet rek...
Mau tau data yang di ITS, cekidot :

Gambar 4. Pengirim ucapan ultah dari ITS
Nah, kalau ngomongin masalah gender. Allah kan membuat manusia ada cewek ada cowok. Kata kebanyakan orang, cewek cenderung pake perasaan, kalo cowok cenderung pake logika. Bener gak sih??? Orang akan aman dan nyaman ketika berada di lingkungan yang sekufu, dalam hal ini segender. Makanya turun ayat tentang pentingnya menjaga hijab. Shalat, kamar tidur, kamar mandi, pengajian,dll mesti di pisah antara ikhwan dan akhwat.
Itu teorinya rek, kalo pada kehidupan sehari-hari???
Saya iseng aja meng-cluster mereka yang mengirim ucapan ultah di FB berdasar gender.. Dalam batin saya berdo’a, Ya Allah semoga yang ngirim banyak laki-lakinya dari pada perempuan.. bahaya kalo kebalikannya.. dan ternyata.... ini dia hasilnya :

Gambar 5. Menang cowok, yes!!!

Fuuhhh, lega rasanya... tahu gak kenapa yang ngirim banyak laki-lakinya dari pada perempuan?? Ya sudah jelas jawabannya, karena saya laki-laki.. dan lebih spesifik karena saya laki-laki biasa. Teori di atas bisa rusak klo yang ultah laki-laki gak biasa. Misal Justine Bieber, Leonardo di Caprio, Christiano Ronaldo, klo mereka pasti yang ngirim rata2 cewek,hehe.
Alhamdulillah, insya Allah itu saja yang bisa saya sampaikan ke sobat-sobat semua. Mohon maaf bila ada yang kurang berkenan atas tulisan yang gak mutu ini. Afwan bagi yang tersinggung jika ada yang namanya saya tulis, saya menulis demikian semata – mata karena bentuk kebanggaan saya punya sahabat seperti kalian, jujur dari lubuk hati dan relung jiwa.
Terakhir, yuk kita sama-sama berikhtiar dan berdo’a semoga kelak kita akan menjadi PEWARIS SURGA bersama-sama.. Dalam lagunya Opick, Pewaris Surga adalah :

Yang pertama orang yang beriman kepada Allah, iman di hati mulut dan amalnya..
Yang kedua orang yang menjauh dari segala perkara-perkara yang tiada guna.
Yang ketiga orang yang menunaikan zakatnya..
Yang keempat orang yang menjaga kemaluannya..
Yang kelima orang yang memelihara amanahnya..
Yang keenam orang yang penuhi janjinya..
Yang ketujuh orang-orang yang selalu menjaga waktu terkhusyuk setiap shalatnya..
Dan mereka adalah orang yang dirindu Surga, Surga Firdaus tempat kembali mereka..
Semoga kita termasuk orang – orang tersebut.. Amin Ya Rob....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar